2.3 Sistem Pengelolaan

Sistem Pengelolaan

Secara umum, sistem pengelolaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta diatur dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 6 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 477 Tahun 2003 tentang Statuta UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Keputusan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta No. 129 Tahun 2003 tentang Organisasi dan Tata Kerja UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam Keputusan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta No. 129 Tahun 2003, terutama pada Bab V tentang Fakultas tersebut dinyatakan bahwa:

  • Fakultas adalah unsur pelaksana akademik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi yang berada di bawah Rektor;
  • Fakultas dipimpin oleh seorang Dekan yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor;
  • Dekan dalam melaksanakan tugasnya dibantu tiga Wakil Dekan;
  • Wakil Dekan berada dan bertanggung jawab langsung kepada Dekan.

Berdasarkan kedudukannya tersebut, Fakultas mempunyai tugas mengkoordinasikan dan melaksanakan pendidikan akademik dan/atau profesional dalam satu atau seperangkat cabang ilmu pengetahuan, agama, sains dan teknologi dan/atau seni tertentu. Sedangkan secara fungsional, Fakultas mengemban fungsi sebagai berikut:

  • Perumusan visi, misi, dan kebijakan teknis;
  • Pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang tugas fakultas;
  • Membina civitas akademika dan kerjasama dengan Fakultas dan/atau lembaga-lembaga lain;
  • Pelaksanaan administrasi dan manajemen Fakultas.

Untuk merealisasikan amanat yang tertuang dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 6 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 477 Tahun 2003 tentang Statuta UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Keputusan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta No. 129 Tahun 2003 tentang Organisasi dan Tata Kerja UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, maka secara operasional, pengelolaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dilakukan secara holistik, mencakup perencanaan (planning), pengelolaan (organizing), penentuan staf/kepegawaian (staffing), kepemimpinan (leading), dan pengendalian (controlling) yang secara utuh terangkum dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2006-2016, Rencana Strategis (Renstra) FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2006-2010 dan Rencana Operasional (Renop).